Kamis, 08 Desember 2011

Mengenali Tipe Gitar Elektrik


Bagi yang belum mengenal Alat Musik ini yaitu gitar elektrik, tulisan berikut dimaksudkan untuk membantu Anda mengenali tipe gitar dilihat dari bagian-bagiannya seperti tipe bodi (solid, hollow, semi-hollow), scale length, pick-up hingga tipe tremolo yang terpasang. Dengan melihat bagian-bagian tersebut, kita dapat mengenali karakter gitar tersebut, dengan demikian akan lebih mudah untuk menentukan gitar seperti apa yang kita inginkan dan kita butuhkan untuk permainan kita. Namun perlu diperhatikan bahwa tulisan berikut tidak menjelaskan tentang anatomi dari gitar elektrik (misalnya nut, headstock, fret, dll)

1.Bodi Gitar

Pada umumnya, jika dilihat dari model bodinya, terdapat 3 tipe gitar elektrik, yaitu Solid Body Guitar, Hollow Body dan Semi-Hollow Body. Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing tipe tersebut;
Solid Body
Ini adalah tipe gitar elektrik yang paling umum digunakan. Gitar ini memiliki bodi yang utuh tanpa ada rongga.
Hollow Body
Ini adalah tipe Gitar elektrik dimana pada bodi gitar terdapat rongga seperti pada gitar akustik. Ini dimaksudkan untuk memberi ‘citarasa’ gitar akustik, atau lebih mudahnya ini adalah gitar akustik yang diberi pick-up. Biasanya gitar-gitar ini digunakan oleh musisi-musisi jazz, pop dan blues.
Semi-Hollow Body
Gitar tipe ini memiliki rongga pada bagian atas dan bawah gitar, mirip seperti gitar Hollow Body. Yang membedakan adalah, pada bagian tengah gitar ini masih terdapat kayu padat, sehingga bodi gitar tidak sepenuhnya berongga. Pada bagian kayu padat ini biasanya diletakkan pick-up.


2. Scale Length

Ini adalah sebutan untuk jarak antara Bridge hingga Head-Nut. Ukuran yang banyak digunakan adalah 25,5” (648mm), 24,75” (729 mm) dan 25”(635mm). Berikut penjelasan singkat dari ketiga skala tersebut;
25,5”
Ini adalah ukuran yang digunakan pada Fender Stratocaster dan Telecaster. Suara pada gitar dengan skala ini biasanya cenderung ke arah ‘treble’ dengan tegangan senar yang tinggi.
24,75”
Pada skala ini, tegangan senar tidak terlalu tinggi, sehingga memproduksi suara yang lebih ‘ngebass’. Skala ini banyak diadopsi untuk gitar Gibson dan Les Paul.
25”
Dari referensi menyebutkan, gitar dengan skala ini lebih mudah untuk dimainkan. Biasanya digunakan pada gitar PRS.

0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011