Sabtu, 17 Desember 2011

CHUCK BERRY


Click for larger version Nama Lengkap: Chuck Berry
Tempat/Tgl Lahir : masih terus diperdebatkan, sebagian mengatakan 18 Oktober 1931, beberapa sumber mengatakan 15 Januari 1926
Gitar : Gibson Semi Solid, terutama ES-335 berwarna merah
Ampli : tidak jelas, beberapa sumber menyatakan bahwa Chuck tidak mengutamakan jenis ampli tertentu, yang penting ampli itu tidak ngadat
Gaya Permainan : Rock 'n' Roll
Teknik Andalan : downstroke 8 to the bar, double stops (memainkan 2 senar sekaligus), lead di scale pentatonis minor
Momen Terbaik : Intro lagu Johnny B Goode, riff dari lagu No Particular Place To Go


Siapa Tidak kenal Godfather-nya Rock 'n' roll ini? Bisa dibilang dialah pengaruh terbesar di dunia pergitaran Rock, sebagai contoh, Aerosmith tidak akan menggunakan palm-mute downstroke kalau bukan karena orang ini. Sex Pistols tak akan memainkan akord 8 to the bar yang menghentak-hentak tanpa pengaruh orang hebat ini. Tidak ketinggalan, Keith Richards dari The Rolling Stones mengatakan bahwa dia tidak akan pernah bermain gitar bila dia tidak mendengarkan single awal orang hebat ini di label rekaman Chess.

Tidak cuma tanggal lahirnya yang tidak jelas, namun masih banyak sekali hal-hal lain dari Chuck berry yang tidak jelas. Ia dilaporkan pernah memiliki banyak urusan dengan hukum termasuk perampokan bersenjata dan pengangkutan seorang anak di bawah umur antarnegara bagian untuk tujuan amoral.

Single-nya tahun1955 Maybelline yang dikatakan sebagai rekaman rock pertama sering dimainkan oleh band-band Inggris seperti Rolling Stones, Beatles, Animals, dan Yardbirds. Penampilan panggungnya terkenal eksentrik, seperti hal-nya duckwalk yang sudah jadi trademark (lihat foto). Fakta lain yang unik dari Chuck adalah dia dikenal selalu menuntut pembayaran kontan dalam setiap penampilannya. Ia dikenal tidak melakukan perjalanan dengan sebuah band tetap, karena dia diketahui lebih suka menyewa dan memecat pemain lokal dimana pertunjukan akan berlangsung, dan mengharapakan para pemain tersebut mempelajari seluruh repertoarnya sebelum pertunjukan.




0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011