Selasa, 05 Februari 2013

Cara Meningkatkan Range Vocal (Jangkauan Nada)


tekhnik vokal,belajar musik,olah suara
Pada dasarnya, range vocal setiap orang berbeda-beda. Dan standard umumnya setiap orang mempunyai 2 oktav. Semakin tinggi/panjang rang vokal seseorang, maka semakin memungkinkan orang itu untuk membawakan segala jenis lagu dengan baik. Tapi dengan dia mempunyai kemampuan teknik vokal yang baik dan terlatih pula tentunya.
Orang yang punya jenis voal bass, bariton, mezo sopran dan alto umumnya memiliki range vokal yang rendah/pendek. Berbeda dengan orang yang memiliki jenis vokal tenor dan sopran, biasanya sich orang seperti ini memiliki range vokal yang panjang. Tetapi, yak jarang terdapat kelainan, meski orang tersebut bertipikal vokal bass, namun memiliki range vokal yang panjang. Dan sebaliknya, kadang-kadang, orang yang bertipikal tenor memiliki rang vokal yang pendek.

Pengertian dan pemahaman tentang type vokal sangat penting. Hal yang paling mendasar adalah untu menentukan nada dasar ketika akan bernyanyi. Mungkin, bagi anda yang memiliki tipikal vokal rendah, tidak perlu khawatir akan kehilangan kesempatan untuk bernyanyi. Sebenarnya, tak ada masalah akan ini, dan anda dapat menyesuaikan nada dasar dimana anda memulai bernyanyi dengan jenis suara anda. Misalnya, dengan menurunankan nada dasar dari penyanyi aslinya. Dan satu pemahama lagi, ilmu vokal adalah bukan ilmu eksak, sehingga di perlukan teori-teori yang mendukung pembelajaran.
Ada beberapa jenis latihan yang pada dasarnya mampu....

meningatkan range vokal pada seseorang tanpa mempedulikan jenis suara. Salah satu diantaranya adalah melalui teknik ”vokal kepala” atau yang disebut suara langit-langit..
Secara natural/alami, output/ teknik mengeluarkan suara dapat di bagi menjadi dua, vokal kepala dan vokal dada. Vokal kepala adalah vokal yang dihasilkan dari langit-langit atau rongga mulut. Sedangkan untuk vokal dada adalah vokal yang dihasilkan dari rogga dada dan perut. Untuk menemukan vokal kepala dapat melalui latihan sebagai berikut:

1. Dimulai dengan menentukan nada terendah yang sanggup anda bawakan dengan baik, mennyilah solmisasi( do re mi fa sol la si do). Pada saat vokal anda tidak sanggup mengeluarkan nada tertinggi dengan baik atau sampai anda membutuhkan untuk merubah nada anda ke dalam vokal kepala

2. Langkah selanjutnya adalah menggunakan vokal kepala. Caranya adalah dengan anda ”melemparkan” suara ke dalam rongga mulut anda ke atas langit-langit. Rasakan suara anda menjadi lebih ringan dan jaga agar tetap bright (jelas). Mungkin, pada tahap awal, jika anda menggunakan vokal kepala dengan baik akan terasa dahi atau kepala anda bergetar. Dan biasanya, untuk tahap awal, kepala akan sedikit dan terasa pusing. Tetapi jika di lakukan secara rutin, rasa pusing tersebut akan menyusut dengan sendirinya.
Selamat mencoba!!!!

Source: majalah hits song.





0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011