Rabu, 07 Desember 2011

Biografi | KERISPATIH




Grup Musik Kerispatih terbentuk tanggal 21 April 2003 atas prakarsa empat orang mahasiswa Institut Musisi Indonesia, Arief, Badai, Andika, dan Anton. Awalnya mereka membentuk band bertemakan instrumental etnik, yang mereka gubah dalam aransemen baru. Pemunculan pertama mereka adalah di acara Farabi Sunday tanggal 22 April 2003. Mereka pun merekrut Sammy, rekan mereka di kampus dan salah satu finalis 30 besar Indonesian Idol I, sebagai vokalis.

Karier profesional mereka jalani setelah membentuk manajemen band, yang saat itu diatur oleh Ingga Jaya Purda. Kini Kerispatih tergabung dalam manajemen Bagot’z Productions. Kerispatih mulai rekaman di tahun 2004. Mereka bergabung dalam proyek album kompilasi bertajuk ''Gulalikustik'' (release September 2004), dengan major label PT. Naga Swarasakti. Keikutsertaan mereka pada album ini berawal dari acara yang diselenggarakan oleh sebuah Stasiun Radio Swasta (88.00 Mustang FM) yang diberi nama Gulali (Lagu Gue Cendili), yang memang menjadi wadah bagi pencipta dan band baru Indonesia. Gayung bersambut, pihak Mustang menawari Kerispatih dalam proyek kolabirasi tersebut. Di album tersebut mereka menyumbang dua buah lagu, "Lupakan Aku" dan "Sebentuk Hati buat Kekasih".

Tahun 2005, Kerispatih merilis album pertama mereka bertajuk ''Kejujuran Hati''. Singel-singel yang dirilis di album ini adalah antara lain: "Kejujuran Hati", "Cinta Putih", dan "Lagu Rindu" . Album ini mendapat Platinum Awards pada tahun 2006. Kesuksesan mereka dibuktikan juga dengan mendapat penghargaan sebagai Album Pendatang Baru Ngetop dalam ajang SCTV Music Awards 2006.Pada tahun 2007, Kerispatih mengeluarkan album keduanya yang berjudul ''Kenyataan Perasaan'', dan merilis singel pertamanya di album ini yang berjudul "Mengenangmu" , dan mendominasi tangga lagu Indonesia dan radio. Setelah kesuksesan "Mengenangmu", Kerispatih merilis single keduanya yang berjudul "Tapi Bukan Aku" yang sesuai prediksi akan mengulang kesuksesan "Mengenangmu". Mereka kemudian merilis single ketiganya berjudul "Sepanjang Usia" serta "Untuk Pertama Kali" sebagai single keempatnya. Seperti album pertama mereka, album ini juga sukses mendapat Platinum Awards di tahun 2007. Kerispatih juga turut berpartisipasi dalam album perdana Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, dengan menyanyikan lagu ciptaan SBY berjudul "Hening".

Pada bulan Juni 2008, Kerispatih merilis album ketiganya yang berjudul "Tak Lekang Oleh Waktu". Di album ketiganya ini, majoritas lagunya dikarang dan dikomposisi oleh Badai, keyboardis Kerispatih. Badai juga berkata, bahwa album ini adalah pergabungan dari album pertama mereka dan album kedua mereka. Jadi, di album ketiga ini berkesan paling sempurna diantara ketiga album yang sudah dirilis. Di album Tak Lekang Oleh Waktu ini, Kerispatih memilih lagu "Bila Rasaku ini Rasamu" menjadi single pertama mereka di album ketiga ini.

Pada akhir 2009, Kerispatih merilis album keempatnya yang berjudul "Semua Tentang Cinta". Lagu utama di album keempat tersebut adalah "Aku Harus Jujur". Pada awal 2010, Kerispatih sukses menggelar konser pertamanya di luar negeri di "Hong Kong".
Pada bulan 2 Februari 2010, salah satu personil Kerispatih, Sammy harus kembali berurusan dengan polisi, sebelumnya Sammy dilaporkan menjadi pencuri mobil Honda Civic, pada saat itu Sammy terkena narkoba yang membuat dirinya dipecat dari Kerispatih dan Kerispatih segera mencari vokalis baru untuk mengisi kekosongan vokalis yang telah ditinggal Sammy karena narkoba. Setelah mengadakan audisi (dengan ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia) selama tiga bulan, manajemen Kerispatih dan 4 personil band itu (Badai, Arief, Andhika dan Anton) akhirnya menemukan vokalis baru pengganti Hendra Samuel Simorangkir (Sammy). Nama vokalis baru pengganti Sammy itu adalah FANDY. Pemuda berkulit putih kelahiran Jember, Jawa Timur, 26 April 1985 itu dianggap mampu mengisi kekosongan kursi vokalis Kerispatih karena beberapa alasan utama. Di antaranya adalah; FANDY dianggap begitu mencintai Kerispatih dengan mengetahui hampir semua seluk beluk band ini termasuk lagu-lagu Kerispatih, dia mampu menghargai kesempatan saat menjalani audisi dengan baik, dan tentu saja karena Kerispatih memang berjodoh dengan Sarjana Komunikasi lulusan Universitas Petra, Surabaya, Jawa Timur itu. “Bagi saya dan teman-teman, FANDY-lah yang kita anggap paling mampu dan menjiwai lagu-lagu Kerispatih. Karakternya jauh berbeda dengan Sammy, artikulasinya jelas, dan powerfull. Selain itu, dan ini menjadi begitu penting, dia memiliki attitude yang baik sebagai pribadi,” ujar Badai, motor penggerak Kerispatih.
Selama menjalani masa audisi, selain membawakan lagu-lagu Kerispatih yang sudah populer, FANDY juga disodorin tiga lagu baru Kerispatih ciptaan Badai, yakni “Tertatih”, “Tetap Mengerti”, dan “Kecewa Lagi”. Secara sempurna, FANDY mampu merepresentasikan roh Kerispatih dalam setiap lagu yang dinyanyikan. Lebih dari itu, karakter vokal dan sosoknya yang menarik, diyakini ikut memberi warna baru bagi band Kerispatih, agar dapat terus berkarya di blantika musik Tanah Air.
Sebelum ditahbiskan sebagai vokalis baru Kerispatih, bertahun-tahun FANDY meretas karier sebagai penyanyi. Sejak kanak-kanak pun, FANDY sudah terbiasa dipasang sebagai penyanyi gereja, baik di Jember kota kelahirannya, atau di Surabaya. Selama kuliah, FANDY juga kerap mengasah kemampuan olah vokalnya dengan tampil di tiap pagelaran musik kampus. Namanya baru mencuri perhatian khalayak ketika ambil bagian dalam sebuah ajang pencarian bakat menyanyi. Di mata para sahabatnya, FANDY yang bernama lengkap FANDY SANTOSO adalah sosok yang baik hati, ramah dan tidak sombong. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Tuhan atas semua ini. Kepada Mas Badai, para personil Kerispatih dan tim manajemennya, juga buat Pak Rahayu dari Nagaswara. Terimakasih untuk kepercayaan dan semua kesempatan ini,” kata FANDY merendah. Usai menentukan FANDY sebagai vokalis baru, Kerispatih akan masuk dapur rekaman dan melepas mini albumnya sekitar bulan Juni 2010 mendatang. Masih di bawah bendera Big Indie Nagaswara, mini album tersebut akan diisi dengan tiga buah lagu baru Kerispatih di atas, dua lagu dari Brand New Strorm (BNS)-proyek baru Badai dengan single “Harus Meninggalkanmu”, & “SHER”, satu single recycle “Bila Rasaku Ini Rasamu” yang dilantunkan Nania, dan satu single milik group band KAY.



0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011