Selasa, 12 Februari 2013

7 Cara Bikin Band Kamu Terkenal



Ngetop memang menjadi keinginan terpendam dari anak band tanah air kita. Berbagai aliran mereka usung, namun untuk jadi ngetop memang sangatlah susah. Jangankan seluruh Indonesia, untuk wilayah pulau (regional) saja susah sekali mendapatkan nama di tengah-tengah masyarakat. Lagu bagus, skill oke, performance keren, tekad, memang itu semua adalah yang dibutuhkan biar bisa band loe maju. Tapi masalahnya, dalam kenyataan ternyata itu saja tidak cukup. Atau bahkan terkadang malah bukan itu yang menentukan band loe bisa terkenal.
Beberapa tips yang bisa gw kasi, yang semoga bisa membantu teman-teman semua yang lagi punya band dan ingin berusaha memajukan band teman-teman semua:
  • Modal awal adalah tekad, semangat, dan kekompakkan. Karena banyak band tanah air yang sudah susah payah untuk terkenal, namun harus bubar karena kurang kompak atau kurang bertekad. Tekat dan nekat itu berbeda, mohon jangan disalah artikan tekad disini bukan berarti loe nekat ngorbanin semua duit loe buat beli alat, les musik, bayar promo, dll. Tekad disini adalah kemauan jiwa, yang kemudian baru,jika memungkinkan didukung dengan kemampuan materi yang kita mampu. Kompak juga berarti kesepakatan dalam pemilihan aliran, jenis lagu, aransmen lagu, dan keputusan bersama lainnya.
  • Setelah loe punya band yang kompak, artinya loe sudah punya jiwa yang kuat dalam band loe. Yang kedua adalah skill atau kepandaian menguasai alat musik masing-masing (bagi pemain instrument), atau menguasai teknik vocal (bagi vokalis). kepandaian menguasai alat ini ga harus jago-jago amat. Asal ngerti dasar-dasarnya aja dah cukup. Dan yang paling penting di sini, kalau loe punya skill pas-pasan, adalah usahakan permainan lagu yang bersih walaupun skill pas-pasan. Jangan sampai ada yang fales atau salah kunci, atau out of pitch buat vokalisnya. Usahakan walaupun cuma ngeluarin solo dan melodi yang biasa aja, maka haruslah dimainkan dengan rapi. Udah solonya gampang, masa salah pula? Jadi langkah kedua ini intinya adalah skill (baik yang udah mahir atau yang masih dasar) dipadu dengan permainan lagu yang rapi.
  • Yang ketiga adalah lagu yang bagus dan juga kreatifitas. Untuk tips pertama dan kedua, loe bisa mencobanya dengan tips buat lagu enak, yang penting kompak dan semangat (seperti tips1), dan juga permainan yang rapi dan bersih (seperti tips2). Maka untuk yang ketiga ini, loe harus bisa bikin lagu sendiri. Kompak udah, semangat udah ada, mainnya juga udah bersih. Nah sekarang tinggal bikin lagu sendiri. Lagu bagus tidak selalu lagu yang pake skill gila-gilaan. Bukan juga lagu yang ramai instrument, ingat hanya dengan gitar dan vokal saja, lagu bagus sudah bisa tercipta. Aransemen dan kreatifitas loe diuji disini. Misalnya bagaimana intro, reff, solo. Bagaimana fill-in masuk ke reff, apa memakai fill-in drum, solo gitar, atau polos tanpa variasi masuk ke reff. Lagu polos/simple bukan berarti jelek. Bahkan lagu-lagu yang simple namun iramanya enak, itulah lagu yang memiliki kekuatan pasar. Jujur, gw disini membicarakan “music for sale”, bukan “music for soul”. Jadi maaf untuk band-band yang kurang setuju untuk tips-tips berikutnya. Beberapa contoh lagu simple namun memiliki kekuatan dan mampu menarik konsumen Indonesia: Vierra (dengarkan curhatku), Five minutes (SKSJ), D’masiv (Merindukanmu). Contoh lagu-lagu ini tidaklah menggunakan skill yang sulit dari segi instrument. Hanya menggunakan skill dasar, namun aransmen, nada, lirik, dan iramanya yang menjadikan lagu-lagu di atas sukses di mata konsumen Indonesia.
  • Setelah lagu sudah punya (utamakan kualitas, dari pada kuantitas). Jangan lagu banyak-banyak, tapi tidak memiliki kualitas dan nilai jual. Setidaknya ada yang bikin orang tertarik dari lagu loe, entah reffnya, liriknya, videonya, intronya, solonya, aransemennya, atau apa aja yang bisa membuat orang senang salah satu atau lebih bagian lagu loe. Sebelum membuat lagu, pikirkanlah dulu untuk siapa lagu itu dibuat. Ingat disini kita berbicara tentang “Music for sale”. Jadi targetkan dulu pasar yang akan kita masuki. Misalnya lagu tentang persahabatan, targetnya adalah remaja. Lagu tentang politik, targetnya untuk orang dewasa. Lagu ber-skill tinggi, targetnya untuk para band yang suka festival. Lagu cinta, targetnya untuk kaum hawa kebanyakan. Kemudian jangan melupakan aliran pasar. Kalau pasar label sedang menginginkan lagu pop tentang perselingkuhan, gunakan kesempatan itu untuk maju. Bikin lagu yang sesuai dengan tema itu, dan berikan pada label. Alamat tentang label bisa di cari di internet. Gw ga bisa naro disini alamat-alamatnya, coz ga punya izin. Jadi intinya, selain membuat lagu untuk band loe sendiri (seperti tips 3), perbanyak juga lagu untuk pasar.
  • Setelah banyak mengirim demo lagu ke label,namun sering ditolak atau diberikan kontrak mengecewakan? Disini tekad loe diuji. Seberapa besar mental loe untuk nerima keadaan seperti itu. Apa loe mau mundur karena capek ditolak terus sama label, dan membuang semua usaha loe? Kenapa harus mundur, jika masih ada cara lain selain harus mengiriim demo ke label (mungkin label juga sibuk, jadi ga ada waktu buat denger lagu dari band yang belom terkenal). Caranya adalah mengikuti festival musik (apalagi kalo menang). Memang kali ini kita butuh skill untuk bisa jadi juara (disamping keharusan untuk semangat dan main bersih). Satu lagi, aksi panggung juga sangat berpengaruh kalo loe mau ikut jalur festival musik. Band yang sukses dan dikenal dari festival musik seperti: J-Rocks, D’masiv, Five Minutes. Namun jika ternyata loe ga menang-menang karena merasa skill tidak mampu memuaskan juri, cobalah untuk manggung di acara-acara tertentu. Seperti bazaar, makan malam, restoran, dll. Dimana tidak ada yang namanya juara, yang ada hanyalah band loe yang menghibur tamu. Walaupun tidak dibayar, it’s ok! Sapa tau ada manager yang kebetulan lagi makan di resto tempat loe main, trus denger lagu loe. Itu merupakan salah satu promosi lagu loe juga, walaupun loe harus sabar menjalaninya.
  • Promosi! Diatas semua itu, promosi adalah hal yang paling penting. Ga perlu ngeluarin duit banyak untuk bayar promotor. Promosi sendiri juga bisa. Penyebaran cd demo bisa disebar melalu kerabat, teman, atau saudara. Ga punya teman yang bisa di andalkan? Jangan kawatir, promosikan lewat internet. Bikin website buat band loe, dimana website itu berisi profile, lagu, video, dan alamat yang bisa dihubungi. Jangan lupa setelah buat web, loe harus promosikan web loe. Dengan mempromosikan web loe, otomatis band loe juga ter-promosi. Karena isi webnya kan band loe. Promosi web bisa juga dipasang di iklan-iklan gratis di internet. Jaman sekarang memang aneh, banyak iklan gratis disediakan di internet, sementara iklan di dunia nyata mahalnya minta ampun. Promosi di dunia internet tidak berhenti sampai web band loe terkenal saja, tetapi juga bergabung bersama situs pertemanan seperti Friendster, Myspace, Facebook. Dimana disana loe bisa menambah teman, yang kemudian teman itu bisa loe kasi link dari website band loe. Menggunakan Myspace bagus untuk menaruh lagu biar lagu band loe bisa didengar online, menggunakan Facebook juga bagus bisa menaruh link website band loe di comment dan profile (link ini disertai dengan gambar dan deskripsi band oleh Facebook). Friendster juga bisa, namun kebanyakan band menggunakan Facebook dan Myspace. Jika loe ga bisa bikin website, jangan kawatir, banyak yang mau bikinin website buat band loe secara gratis. Contohnya, situs yang dikelola oleh tim blackwizz, adalah situs yang lebih dikhususkan untuk membuat website buat band secara cuma-cuma. loe cuma kirim foto dan lagu band loe, kemudian akan jadi website band loe kurang lebih dalam seminggu.
  • Tidak dapat dipungkiri, bergabung ke dalam komunitas, menambah teman sehobi, dan berkolaborasi dengan band lain adalah cara yang penting. Dimana loe bisa mendapat informasi-informasi penting yang dapat menguntungkan band loe. Jadwal manggung, info label, jadwal event pengiriman demo cd, atau loe juga bisa bertukar pengetahuan tentang penguasaan alat musik dengan teman-teman dalam komunitas tersebut.
Semoga tips ini dapat membantu band-band tanah air, yang juga akan ikut serta dalam memajukan musik dalam negeri. Musik Indonesia sudah dikenal di beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Brunei, Thailand, dll. Seperti Padi juga sudah sampai ke Amrik (walaupun karena sponosornya, tapi tetep aja kita harus bangga).Semoga makin banyak lagi musisi dalam negeri yang mengharumkan musik Indonesia di luar negeri. Amin

1 comments:

abdul wahab on 23 Maret 2013 20.31 mengatakan...

Pengen dehhh aku punya band...
Lagu juga baru ada satu.. Hehe

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011