Kamis, 08 Desember 2011

Mengenali Tipe Gitar Elektrik Bag 2.


3.Pick-Up
Pada Alat Musik Ini adalah bagian yang membedakan gitar listrik dari gitar akustik. Pick-up berfungsi untuk menangkap getaran senar dan memprosesnya sesuai dengan karakter pick-up. Ada dua model pickup yang paling umum digunakan pada gitar listrik, yaitu single coil dan tipe humbucker.

Berikut adalah penjelasannya;
Single Coil
Sesuai namanya, pickup ini menggunakan satu batangan magnet yang dikelilingi kawat halus. Jenis ini adalah yang pertama digunakan pada Gitar listrik. Tipe sound yang dihasilkan cenderung ‘vintage’, melengking dan ‘renyah’. Pabrikan Fender banyak menggunakan single coil pada gitar-gitarnya. Biasanya gitar dengan pick-up ini banyak digunakan oleh musisi-musisi rock ‘old school‘.

Humbucker
Tipe pick-up ini menggunakan dua buah kumparan yang dipasang berlawanan. Sound yang dihasilkan cenderung bulat, lebih berat dan nge-bass. Biasanya digunakan pada musik-musik modern dan rock metal.

4. KAYU

Nah, ini bagian yang juga penting untuk dipertimbangkan saat membeli Gitar listrik. Walau sebenarnya yang paling berperan untuk menghasilkan sound adalah dari tipe pick-up, namun bahan kayu pembuatnya juga tidak bisa dikesampingkan. Kayu ini yang berperan dalam menentukan ‘sustain’ dari nada, atau dengan bahasa yang lebih mudah adalah jenis kayu ini menentukan berapa lama senar akan bergetar. Untuk gitar yang beredar secara global ada 4 bahan kayu yang biasanya digunakan, yaitu Maple, Mahogany, Rosewood dan Ebony. Berikut penjelasan singkatnya;

Maple
Digunakan untuk membuat neck, fretboard dan bodi bagian atas dari gitar. Biasanya gitar-gitar terbaik dibuat dari kayu ini.

Mahogany
Karena sifatnya yang keras dan kuat, banyak digunakan pada bagian belakang bodi gitar, namun kayu ini juga bagus untuk mempertahankan ‘sustain’ dari senar.

Rosewood
Rosewood pada umumnya banyak digunakan pada bagian fretboards.

Ebony
Kayu ini juga umum digunakan pada bagian fretboards, walau penggunaannya tidak sebanyak Rosewood.
Beberapa pengrajin lokal tanah air sebenarnya telah mencoba berinovasi dengan menggunakan kayu-kayu setempat yang banyak dijumpai di Indonesia. Namun, tentang hal ini akan dibahas lain waktu.

0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011