Jumat, 01 Februari 2013

DASAR BERMAIN KEYBOARD atau PIANO


Penasaran, bagaimana sih cara belajar Alat Musik Piano atau Keyboard yang cepat?
Berikut ada beberapa tips mengenai tehnik dasar untuk belajar main piano atau keyboard.
Tolong di simak ya…:-)

FINGERING (hand and finger forms, relaxation of arms & shoulders)
Fingering ditujukan supaya posisi jari dan tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar. Juga agarbentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence.

TOUCHING (touch of the notes, legato-staccato, phrasing, dynamics and expression) Touching ditujukan supaya mengerti interpretasi kita dalam bermain music. Gak cuman sekedar bermain musik, tapi musik yang harus keluar dari hati. Kita mengetahui di mana kita harus bisa main keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan atau nyambung atau putus-putus dan atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika, feeling dan ekspresi.

RHYTHM dan TEMPO
Rhythm dan tempo ini ditujukan agar kita mengetahui harga notes, ketukan & rhythm pattern. Kita perlu tau juga tentang tempo yang benar. Rhytmic dalam bermain music(comping). Ada soul atau groove dalam bermusik. Harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1 band. Kita harus tau juga tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam ketukan 2/4, ¾, 4/4, 3/8, 6/8 etc).

HARMONY (chords progression, voicing and accompaniment)
Harmony ditujukan supaya bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai dalam sebuah lagu, mengembangkan bunyi yang dihasilkan dari chords yang kita mainkan, dan memperluas cara kita bermain dalam konteks kita mengiringi seorang penyanyi. Karena dengan kita bermain dalam harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai pengiring!

READING
Latihan ini lebih ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan mereka di kemudian harinya bisa untuk membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam bermusik.

0 comments:

Posting Komentar

 

All About Music. © 2011