Selasa, 08 November 2011

Tips Belajar Gitar Tanpa Guru/Otodidak


Mau Bagi - bagi Cara Belajar Gitar Nih??

Asik nih Belajar Gitar.. yupz belajar gitar memang menyenangkan.. karena gitar banyak banget pengaplikasiannya dalam musik. Lagi pula, gitar bisa dimainkan meski tanpa alat musik lain. Bisa buat genjreng sambil nyanyi sama temen temen, atau sekadar ngilangin suntuk saja, gitar juga bisa jadi teman wkt kita lagi sedih maupun senang. Biasanya klo dengan gitar bisa lebih mudah mencari inspirasi untuk menghasilkan sebuah lagu..
Nah buat temen2 yang baru Belajar Gitar, atau yang belum bisa main gitar dan ingin belajar, kali ini saya ingin berbagi tentang tips belajar gitar secara otodidak(tanpa guru).
Gini.. gitar itu merupakan salah satu alat musik yang paling fleksibel dan enak, karena bisa dipelajari meski tanpa kursus sekalipun.soalnya sangat mudah mempelajari gitar, dengan hanya melihat aj kita bisa langsung mempraktekannya..
Sebetulnya, untuk belajar Alat Musik kita harus melalui dua tahap, yaitu pengenalan nada dan partitur, serta praktek secara tekniknya. Nah, dengan belajar secara otodidak, kita melewati tahap pengenalan partiturnya. Sehingga langsung kita praktekan secara langsung dengan alat musik.Belajar secara otodidak, nyatanya lebih mudah. Bahkan, orang yang akan mempelajari teori dengan kursuspun sebaiknya sudah bisa menguasai teknik secara praktikal.
Nah ini tips-tipsnya:

Tips Belajar Gitar Secara Otodidak

> Mengenal Jenis Musik
Ini sangat penting, karena lebih baik mengenal terlebih dahulu jenis musiknya. Usahakan lagu-lagu balad, baik rock balad,pop, atau alternatif balad. Kenapa balad? Karena dlm jenis musik ini instrumen gitar sering digunakan.
Contohnya kaya lagu-lagu dari musisi Iwan Fals, Slank, sama musik tempo dulu kaya koes plus,etc deh..
> Mempunyai Gitar
Walaupun ga wajib juga sih.. tapi lebih bagusnya punya. Trus pilih juga jenis gitarnya, bisa elektrik atau akustik. Tp lebih baik untuk permulaan pilih akustik dan senar nylon untuk mempermudah proses adaptasi jari. Udah gitu kalo nylon tekanan pada senar lebih empuk ketimbang senar string.
> Mengenal Chord
Ini yang ga kalah penting, tanpa kunci berarti ga bakal bisa main gitar. Pelajari dulu chord dasar, seperti A, Am,E,Em,D,Dm,G, F,C, dsb.. baru setelah lancar pelajari jenis chord lain yang lebih kompleks.
Tips juga, pelajarilah chord-chord lagu yang kita suka. Karena dengan kita suka lagunya maka akan lebih mudah untuk mengertinya, dan pastinya lebih fokus dan cepat bisa.
> Ngulik
Ngulik(mencari cord sebuah Lagu)? bener.. Belajar mencari chord/kunci lagu sendiri sambil mendengar ato melihat kaset, CD, VCD, DVD. Berfungsi untuk melatih kepekaan /sense. Tapi pastikan temen-temen udah paham dan tahu chord secara dasar.karna dengan dengerin lagu sambil ngulik lebih sering itu telinga kita akan terbiasa dengan nada yang ada pada setiap lagu yang kita denger, dan pasti bisa ccepet unutk menguasai cord2 deh, coba ja..
> Mencari Tandem
Kalo udah bisa dengan tahap-tahap tadi, sekarang giliran untuk upgrade kemampuan. Cari orang-orang yang temen-temen anggap jago maen gitar atau paling ga bisa main gitar. Karena sharing/berbagi pengetahuan bikin kita tahu lebih banyak lagi yang belum kita tahu.
>Tekun & Niat
Yang terakhir tekun dan niat , jangan pernah putus asa dan menyerah. Dan yang paling penting itu niat, untuk mempelajari hal2 yang baru susah untuk bisanya klo kamu g dibarengi sama niat. Ingat musisi besar seperti Melly goeslaw dan Paul McCartney pun belajar musik secara otodidak. Dan ingat juga kalo Steve Vai ( salah satu solo guitarist top dunia) pernah ngomong:" untuk bisa bermain gitar sangat cepat, kamu harus memulai dengan sangat lambat"..itu kalimat yang bisa bikin steve vai jadi seperti sekarang..

Udah Deh GPL( Ga Pake Lama ),,,Buruan belajar gitar ya,,ciamik deh pokonya....

0 comments:

Poskan Komentar

 

All About Music. © 2011