Sabtu, 17 Desember 2011

ERIC JOHNSON


Click for larger version Eric johnson lahir pada bulan Agustus, tanggal 17 tahun 1954, di daerah Austin, Texas. Ia memiliki 3 saudara perempuan yg juga bermain piano dan seorang saudara laki2 yang juga bermain gitar, Eric tumbuh di lingkungan yang kaya akan musikalitas. Ia bermain piano selama 6 tahun sebelum ia memutuskan untuk bermain gitar pada umur 11 tahun. Ia terinfluence dari berbagai style dari bermacam gitaris (termasuk Jimi Hendrix, Jeff Beck, Wes Montgomery, Django Reinhardt, the Ventures dan Brian Jones), Eric berkembang dengan sangat cepatnya dan dalam waktu yang pendek, ia mulai untuk mengembangkan permainannya sendiri yang terbilang unik. Pada umur 15 tahun Eric mulai bermain di pentas bersama Mariani, sebuah kwartet band rock yang dipimpin oleh seorang drumer Vince Mariani. Pengalaman telah membuat Eric menjadi musisi yang bisa membuat suatu komposisi secara live dengan waktu yg instant, bahkan pernah menjadi lead di sebuah jam session bersama legenda blues-rock Johnny Winter.

Pada tahun 1974 di Austin, ia bergabung dengan band the Electromagnets, bergaya fusion. Setelah beberapa tahun mereka mengeluarkan album dengan nama yg sama, yang memiliki karakter yg unik pada komposisinya. Tapi album tersebut tak pernah release sebagai band Major Label, walaupun dibawah EGM. Dan berakhir dengan perpisahan setelah 4 tahun berjuang.

Pada tahun 1978 ,Eric bersama drummer Billy Maddox dan bassis Kyle Brock dan merekam trio mereka dalam album 'Seven Worlds". Pada tahun 1981, Johnson kembali berkonsentrasi bermain akustik solo.

Kemudian di tahun berikutnya, ia masuk ke sebuah studio dan mulai mengerjakan materi2 pribadinya, bahkan menjadi session player dalam Solo Album Christopher Cross pada lagu " Minstrel Gigolo"; juga di album Cat Streven "Back To Earth" ; dan bermain gitar serta piano pada album Carole King "One To One". Di tahun 1985, ia ikut membantu Steve Morse di album "Stand Up". Karena begitu kagumnya Morse, ia kemudian mengajak Eric untuk menjadi co-writer dan bernyanyi serta bermain solo di lagu "Distant Star".

Dan pada tahun yang sama ketika Ia membantu Morse, Eric kemudian membentuk kembali trio yang berisikan Kyle Brock serta drumer Tommy Taylor. Beberapa bulan kemudian, Eric mendapatkan kesempatan kontrak bersama Warner Bros.Di tahun 1986, Eric Johnson akhirnya merelease solo albumnya yang bejudul, Tones.





0 comments:

Posting Komentar

 

All About Music. © 2011